Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Magelang   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Magelang Pendukung Pengguna Difabel

Articles in Category: Berita

Upacara Hari Lahir Pancasila Ke-73 di Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B

on Friday, 01 June 2018. Posted in Berita

Upacara Hari Lahir Pancasila Ke-73 di Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B

Pukul 07.45 Wib. bertempat di halaman  gedung Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B dilaksanakan upacara bendera  memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni 2018 dikuti Seluruh Hakim dan Pegawai pada Pengadilan Negeri Magelang dalam upacara bendera yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Magelang Bapak M. Djohan Arifin, S.H, bertindak sebagai pembina upacara.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Magelang membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia mengingatkan bahwa Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh.

Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Di akhir sambutan yang dibacakan Bapak M.Djohan Arifin, Bapak Presiden Joko Widodo Atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para founding father atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Serta mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Bersatu !, Kita Berbagi !, Kita Berprestasi !.

Rapat Bulan Mei 2018 Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B

on Thursday, 31 May 2018. Posted in Berita

Rapat Bulan Mei 2018 Pengadilan Negeri Magelang Kelas I B

Pada hari Kamis tanggal 31 Mei 2018 sekira pukul 08.25 WIB bertempat diruang sidang Garuda pada Kantor Pengadilan Negeri Magelang Kelas IB, telah diadakan rapat Bulanan untuk bulan Mei 2018, rapat ini langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB, Bapak MUHAMMAD DJOHAN ARIFIN, SH.  Rapat ini sebagai tindak lanjut dari rapat berjenjang yang merupakan standar dalam system Akreditasi penjaminan mutu dan reformasi birokrasi, pada rapat hari itu Ketua Pengadilan didampingi oleh Panitera Bapak YUSRIZAL, S.H.,M.H, dan Sekretaris Bapak SUATMADI, S.H,  dan rapat juga dihadiri oleh Bapak dan Ibu Hakim, para Panitera Muda, Para Kasubag serta seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Negeri magelang Kelas IB

Adapun agenda rapat yang dibacakan oleh Notulen Rapat Bapak SUKAEDI, SE. adalah sebagai berikut :

1.     Evaluasi hasil rapat bulan sebelumnya

2.     Paparan hasil rapat berjenjang

3.     Pembinaan dari Ketua, Panitera dan Sekretaris

4.     Tanya jawab

5.     Kesimpulan

6.     Penutup.

 

-        Evaluasi atas hasil rapat bulan lalu yaitu :

Bapak Ketua Pengadilan mengucapkan banyak terima kasih karena berdasar laporan evaluasi bulan lalu kita sudah mengalami banyak peningkatan, karja sama kita mengenai pelayanan bagi masyarakat sudah maksimal

-        Paparan Hasil Rapat Berjenjang :

Pada kesempatan paparan hasil rapat berjenjang kali ini belum ditemukan permasalahan

-        Pembinaan Ketua

Ketua Pengadilan Negeri Magelang Menyinggung sedikit tentang hasil sosialisasi Perma No.3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik dan Peresmian PTSP di Klaten yang pada pokoknya adalah Kesiapan kita untuk meninggalkan register manual dan berpindah ke elektronik kususnya bagian perdata yang nantinya akan dilakukan bertahap oleh Mahkamah Agung dan Maslah PTSP, Pak Ditjen mengomentari masalah ptsp jadi petugas yang ditunjuk di depan adalah petugas yang mempunyai tugas yang sangat mulia karena di depan di situlah pelayanan bisa terwujud jadi kita yang diberikan tugas jangan jadi beban karena tugas petugas tugas yang mulia di depan tidak kita memberikan penjelasan semaksimal mungkin sehingga masalah-masalah yang dihadapi oleh pengguna penghasilan dapat terselesaikan dengan cepat dan baik

-        Pembinaan Panitera

Bagian Kepaniteraan telah melakukan sosialisasi MIS pada hari Senin, 28 Mei 2018 dan pada hari Rabu 30 Mei 2018 telah melakukan perbaikan Data Perkara SIPP. selain itu Panitera Pengadilan Negeri Magelang menegaskan agar untuk bagian Kepaniteraan senantiasa memeriksa aplikasi Monitoring Implementasi SIPP serta melengkapi data-data yang kurang yang tertera pada aplikasi

-        Pembinaan Sekretaris

Sekretaris Pengadilan Negeri Magelang menekankan Permintaan Line telephone PTSP belum bisa dipenuhi karena hub telephone habis selain itu karena nanti lebaran ini liburannya juga panjang diharapkan untuk petugas piket hari libur agar kantor jangan sampai kosong untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

Rapat juga memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk diskusi Tanya jawab.

Atas hasil rapat kemudian dibacakan Kesimpulan oleh Notulen Rapat, selanjutnya

rapat ditutup oleh Notulen rapat tepat pada pukul 09.15 WIB, dengan sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah mengikuti rapat Bulanan ini

 

Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel